PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan :
Tahun Pelajaran : 2012/2013
Kelas : IV
Smt
|
No
|
Standar
Kopetensi/Kompetensi Dasar
|
Alokasi
waktu
|
Keterangan
|
2
|
7
8
9
10
11
|
Energi dan Perubahannya
Memahami
gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda
7.1 Menyimpulkan hasil
percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
7.2 Menyimpulkan hasil
percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu
benda
Memahami
berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
8.1 Mendeskripsikan energi
panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
8.2 Menjelaskan berbagai
energi alternatif dan cara penggunaannya
8.3 Membuat suatu karya/model
untuk menunjukkan perubahan energi
gerak akibat pengaruh udara, misalnya
roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut
8.4 Menjelaskan perubahan
energi bunyi melalui penggunaan alat musik
Bumi dan Alam Semesta
Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan
benda langit
9.1 Mendeskripsikan perubahan
kenampakan bumi
9.2 Mendeskripsikan posisi
bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari
Memahami
perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik
(angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut)
10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan
(erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi,
abrasi, banjir, dan longsor)
Memahami
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi
yang digunakan
11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian
lingkungan
Ulangan harian
|
||
J U M L A H
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
(
............................... )
|
....................,
............
Guru Mapel
Sains
(
............................... )
|
Catatan
Prota memberikan gambaran
perencanaan penyajian KD satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun.
Jumlah alokasi waktu pada prota diisi
sesuai dengan jam pelajaran efektif
Matematika yang ada di suatu
Sekolah Dasar yaitu jumlah pekan
efektif satu tahun x alokasi waktu
Matematika di struktur kurikulum
SD/MI (minimal 5 jam). Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan
terentang 34 -38 minggu. Misalnya, minggu
efektif semester 1 yang ada di
SD/MI 17
dan semester 2 juga 17. Jam efektif matematika satu semester sejumlah 17x5 = 85 jam. Berarti satu tahun sekolah memiliki 170 jam
efektif untuk mapel matematika. Alokasi waktu sejumlah 85 jam per semester tersebut diatur untuk
pembelajaran semua KD yang ada
pada satu semester dan untuk ulangan harian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar